SEJARAH SINGKAT HARI PAHLAWAN YANG DIPERINGATI SETIAP TANGGAL 10 NOVEMBER

hari-pahlawan-284x300 SEJARAH SINGKAT HARI PAHLAWAN YANG DIPERINGATI SETIAP TANGGAL 10 NOVEMBER

SELAMAT HARI PAHLAWAN-Hari tersebut adalah hari yang memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, dimana para tentara dan milisi Indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Pertempuran Surabaya yang menjadi latar belakang Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945 sendiri mencapai puncak pada bulan tersebut, dimana terjadi pertempuran yang dianggap sebagai petempuran revolusi paling berat kemudian menjadi simbol perlawanan bagi tentara Indonesia.Pertempuran yang di anggap sebagai sebuah aksi heroic ini membantu mengembleng rakyat Indonesia dan sokong dari pihak internasional untuk Indonesia.

Pertempuran Surabaya ini terjadi dari tanggal 27 Oktober hinggah 20 November tahun 1945 dengan jumlah tentara sebanyak 20.000 infenteri dan 100.000 pasukan milisi di sisi Indonesia. Sementara pihak inggris menyerang dengan 30.000 pasukan namun ditambah dengan senjata berupa tank, pesawat dan kapal perang.

Pada tanggal 10 November 1945, tentara inggris mulai melakukan aksinya yang dikenal sebagai Ricklef pada pojok pojok kota Surabaya. Dalam waktu tiga hari, Pemerintah inggris sudah mampu mengambil alih kekuasaan kota. Pertempuran 10 November tersebut baru benar benar rendah setelah kira-kira 6.000 rakyat Indonesia gugur dalam pertemuran tersebut.

Perang berdarah yang menelan ribuan korban di Surabaya tersebut semakin membuat perlawanan di Indonesia untuk melawan penjajah dan merebut kembali kemerdekaan. Dan pada akirnya kemerdekaan kembali bias direbut oleh bangsa Indonesia. Karena banyaknya pahlawan yang gugur dan rakyat sipil yang meninggal pada perang tersebut, maka sejak saat itu setiap tanggal 10 November oleh bangsa Indonesia diperingati sebagai Hari Pahlawan. (Indozone)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *