Profil UKM Korps Sukarela – Palang Merah Indonesia

ukm-ksr-pmi-150x150 Profil UKM Korps Sukarela - Palang Merah Indonesia
Logo UKM KSR-PMI

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR – PMI (Korps Sukarela – Palang Merah Indonesia) Unit Politeknik Negeri Manado didirikan pada tanggal 14 Maret 2008 dan disahkan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Direktur Politeknik pada tanggal 22 April 2008.

Inti perjalanan KSR – PMI Unit Politeknik Negeri Manado pernah ada pada tahun 1990-an. UKM KSR – PMI pada saat itu tidak mendapatkan legalisasi dari pemimpin Politeknik Negeri Manado.

Pada tanggal 6 maret 2008 ada seorang Dosen Politeknik Negeri Manado jurusan akuntansi Bapak Hengky Surentu. SE, S.Pd mengajak mahasiswa Politeknik untuk mengikuti kegiatan kepalangmerahan yang dilaksanakan di BLPP Kalasey. Setelah melakukan pelatihan dasar, mahasiswa politeknik tersebut di tugaskan untuk mendirikan dan mengembangkan KSR di intuisi Politeknik Negeri Manado.

Mahasiswa-Mahasiswa tersebut itu adalah : Antonius Kayori, Riscky Nusawakan, Melson Kadobo, Ireyne Domondor, Alfons R Pomohon, Fovoyugo Tumengkol, Naftali Yohanes, Tantria Saman, Susilia Rotinsulu, Darfin Senduk, Priska Pumadada, Valen, Christian Suwuh, Yunita Sucahyo, Devid Manuel.

Visi dan Misi UKM KSR – PMI

Visi

  • Memajukan UKM KSR  PMI UPT POLIMDO dalam misi kemanusiaan.

Misi

  • Mensosialisasikan tentang Palang Merah Indonesia dengan tujuh prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
  • Merekrut anggota baru melaui penerimaan Calon Anggota Baru KSR – PMI UPT POLIMDO, serta Melatih akan pengetahuan melalui DIKDAS selama 120 jam.
  • Mempererat tali persaudaraan antar sesame relawan, terutam anggota KSR – PMI UPT POLIMDO.

Program Kerja UKM KSR – PMI

  • PCAB (Penerimaan Calon Anggota Baru) : mempersiapkan kader-kader KSR yang terlatih, tanggap dalam ke palangmerahan dan berintelektual. Mengembangkan dan memperkuat layanan dan pengabdian PMI kepada Masyarakat melalui penerimaan calon anggota baru.
  • Donor Darah : berusaha menumbuhkan kesadaran dan kepedulian sosial mahasiswa, staff, dan dosen Politeknik Negeri Manado bagi sesame yang membutuhkan terutama yang mengalami musibah baik bencan akibat alam atau akibat ulah manusia. Yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali di berbagai jurusan.
  • Jungle Rescue : menciptakan relawan yang siap tanggap khususnya pertolongan di hutan.

Itulah gambaran umum tentang Unit Kegiatan Kegiatan (UKM) KSR-PMI Politeknik Negeri Manado

(Rian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *