Profil UKM Biro Kerohanian Kristen

ukm-biro-kerohanian-kristen Profil UKM Biro Kerohanian Kristen
Logo UKM Biro Kerohanian Kristen

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Biro Kerohanian Kristen adalah salah satu organisasi mahasiswa di bidang keagamaan Kristen protestan yang berdiri atas keinginan untuk membentuk suatu wadah kerohanian Kristen pada 28 November 1992, Namun baru di sahkan melalui Direktur Politeknik Unsrat Manado dengan SK NO.214/PT-152_710/1993 dan tanggal 23 Maret 1993 dimulailah periode pelayanan.

Pada masa pengembangannya, UKM BKK mengalami beberapa kali perubahan nama

  1. TKK (Tim Kerohanian Kristen) tahun 1991-1992
  2. BKKPUM (Biro Kerohanian Kristen Politeknik Unsrat Manado) tahun 1993-1994
  3. BKK (Biro Kerohanian Kristen) Tahun 1995-sekarang

Unit Kegiatan Mahasiswa ini memiliki visi untuk menjadi mahasiswa Kristen sebagai manusia intelektual dan Injili. Dengan Misi melaksanakan amanat agung Tuhan Yesus Kristus yang terdapat dalam Matius 28 : 19 – 20.

Di BKK ngapain aja?

UKM pada saat ini diketuai oleh Frisilia F Passa, Selalu mengadakan BR (Bina Rohani) pada mahasiswa baru yang Bergama Kristen Protestan yang menjadi salah satu program tahunan dari BKK. Tujuannya untuk membangun dan menumbuhkan karakter para pesertanya untuk siap dan mau terlibat dalam pelayanan Injil Kampus lewat kelompok kecil dengan PA (pendalaman Alkitab) dan mengobarkan api pemuridan.

Kegiatan yang juga menanamkan cara bergaul yang baik dan benar menurut pandangan Alkitab yang berguna sebagai Cover dalam pergaulan anak muda di era Globalisasi ini.

Tidak hanya Bina Rohani, UKM BKK juga memiliki kegiatan tahunan yang tidak kalah seru seperti PA keluar, yaitu kegiatan pendalaman Alkitab oleh seluruh kelompok kecil dalam naungan BKK dengan bertempat di luar kampus untuk menciptakan situasi yang lebih menyenangkan, Fun, friendly dan anti membosankan, kelompok kecil yang terdiri dari satu kakak PA yang beberapa adik-adik PA saling bertukar pikiran dan sharing mengenai Alkitab, pengalaman pribadi, serta mendiskusikan pemecahan jika ada salah satu bagian Kelompok kecil yang bermasalah.

Ada juga pelaksanaan KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) yang diselenggarakan UKM BKK dengan tema dan pembicara yang membangun, mengubahkan dan bermanfaat.

Selain program Tahunan, BKK juga memiliki banyak kegiatan Mingguan diantaranya LMB (Latihan Minat Bakat) yang dilaksanakan setiap hari senin, kegiatan yang semacam kursus atau latihan bagi mahasiswa yang ingin belajar atau mau mengembangkan bakatnya di bidang Musik, Banners, Rebana, WL, Singers, dan Dance juga loh, Lanjut di hari selasa ada pembekalan PAS (Pengurus Alumni Simpatisan), di hari rabu ada PA Kelompok kecil, dilanjutkan dengan doa keliling, kamis ada check out Ibadah jumat. Dan Ibadah Umum di setiap hari jumat dengan tata cara ibadah yang menarik dan Oikumene tentunya, dalam ibadah ini akan di tampilkan para peserta LMB yang sudah layak untuk tampil, makanya buat para peserta sering-sering latihan

Satu hal lagi setiap kegiatan itu disesuaikan dengan waktu kuliah, jadi tidak mengganggu aktivitas perkuliahan buat yang ikut. Masih banyak yang tentunya asik dan menarik.

Kalo mau gabung di BKK gimana .?

Bina Kerohanian Kristen adalah UKM yang terbuka untuk seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Manado, siapa saja boleh bergabung di BKK kita bakalan mengenal yang namanya PAS (Pengurus Alumni Simpatisan) Pengurus adalah mereka yang masuk dalam Struktur Organisasi dengan periode masa jabatan yang masih berlangsung, ditunjuk untuk pengembangan tugas mulia ini melalui proses KCP (Camp Calon Pengurus) yang didalamnya ada pembekalan dan pengujian kesiapan peserta untuk melayani dan mengemban tanggung jawab selaku pengurus.

Nah sekarang beralih pada Alumni yaitu mereka yang pernah menjabat sebagai pengurus dan masa jabatannya telah berakhir atau sudah lulus, mereka tetap punya hak dan kewajiban dalm BKK diantaranya menjadi penasehat, memilih pengurus baru dan lain-lain, mereka yang tergabung dalam alumni menamakan diri mereka PATRA (Persatuan Antar Alumni) BKK Polimdo, dan Simpatisan yaitu seluruh mahasiswa Kristen yang ada di Politeknik Negeri Manado yang aktif dalam pelayanan BKK dan mempunyai hak dan Kewajiban untuk terlibat dalam kepanitiaan kegiatan BKK, menjadi kaka PA jika memenuhi syarat.

Berikut adalah Program Kerja dari Bina Kerohanian Kristen, Politeknik Negeri Manado yaitu:

  1. Ibadah
  2. Pertemuan Kelompok Kecil
  3. Doa
  4. Doa Rutin
  5. Doa Keliling
  6. Politeknik Berdoa
  7. Retreat Doa Puasa Pas
  8. Berbagi Kasih
  9. Latihan Minat Dan Bakat
  10. Bina Rohani
  11. Latihan Pemuridan Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *