PENGABDIAN PADA MASYARAKAT di DESA TUMALUNTUNG RAYA KECAMATAN TARERAN TANGGAL 27 OKTOBER S/D 10 NOPEMBER TAHUN 2016

Politeknik Negeri Manado adalah salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Sulawesi utara yang memiliki komitmen dalam dunia pendidikan karena itu sebagai satu perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi. Politeknik Negeri Manado melaksanakan pengabdian pada masyarakat di Desa Tumaluntung raya yang diawali dengan Laporan Koordinator Ir. Syuutje Dowa, MT menjelaskan Peraturan   KEMENRISTEK Pasal 37 ayat 44 Tahun 2015 tentang Standarisasi Pengabdian Masyarakat kepada Bapak Direktur Ir. Evert N. Slat,MT selaku Pembina dan kepada masyarakat Desa Tumaluntung raya dan Tumaluntung satu serta perwakilan Pemerintah kecamatan Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat dalam hal ini Bpk. Edwin Tampi. Bahwa pengabdian pada masyarakat yang dilakukan Politeknik Negeri Manado saat ini terdiri : – Pelayanan pada Masyarakat – Penerapan ilmu pengetahuan dalam Bidang Keahlian dan Pemberdayaan Masyarakat, ketiga hal inilah yang menjadi landasan perguruan Tinggi termasuk Politeknik Negeri Manado melaksanakan pengabdian pada Masyarakat di Desa Tumaluntung raya dan Tumaluntung satu. 

Selanjutnya Direktur Ir. Evert Notje Slat.MT dalam sambutanya mengatakan bahwa Politeknik Negeri Manado dalam rangka mengimplementasikan salah satu darma perguruan Tinggi (PT) dari unsur Tri Darma yaitu Pendidikan Pengajaran,Penelitian dan salah satunya adalah Pengabdian Pada Masyarakat, ini adalah program rutin yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Manado setiap Tahun yang bersesuaian dengan peraturan KEMENRISTEK  Pasal 37 ayat 44 tentang standard pengabdian pada masyarakat dan ini juga merupakan kegiatan Akademik, maka Direktur mengingatkan bagi tenaga pengajaran harus lebih pro aktif dalam mengembangkan program tersebut, agar pengabdian pada masyarakat tidak menjadi sia-sia.  Kerena itu Perguruan Tinggi (PT) tidak menjadi menara gading yang berdiri kokoh sendiri tanpa peduli kapada masyarakat,untuk itu Politeknik Negeri Manado hadir sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat terutama di Desa Tumaluntung dan Tumaluntung satu ini agar dapat membantu dan memberikan alternatif solusi terhadap persoalan-persoalan  yang ada dimasyarakat antara lain melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat, karena itu Politeknik Negeri Manado berupaya memberikan yang terbaik berupa : 1. Bedah Rumah  2.  Pemasangan Instalasi Listrik 3. Pengelasan Dasar  4. Tentang Perpajakan/Akutansi 5. Tentang Kearsipan dan 6. Tata Boga.  Dari enam Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Manado.  

Senada dengan kepala seksi pemberdayaan masyarakat kecamatan Tareran bapak Edwin Tampi mewakili pemerintah, terutama pemerintah kedua Desa  bahwa  kehadiran Politeknik Negeri Mando di Desa Tumaluntung Raya dan Tumaluntung satu ini  sangat membawa dampak positif terutama dalam  bidang pengetahuan, pembangunan dan teknologi untuk itu sangat relevan dengan peraturan-peraturan Desa terutama pelatihan-pelatihan dalam pengelolaan sumberdaya manusia di bidang Akuntansi untuk pengelolaan keuangan Desa karena itu dengan kehadiran Politeknik Negeri Manado sangat membantu pemerintah di kedua Desa untuk memberikan pelatihan-pelatihan agar dapat membantu dan memberikan alternatif-alternatif solusi bagi masyarakat dan pemerintah kedua Desa yang selama ini menjadi kendala.  Dalam pengelolaan keuangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan di bidang pertukangan dan kelistrikan serta penggunaan teknologi di bidang tata boga yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat di Desa Tumaluntung dan Tumaluntung satu.

 

 

Sumber Berita Humas Politeknik Negeri Manado

Samron Talolang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *