Visi dan Misi

VISI DAN MISI POLITEKNIK NEGERI MANADO

Visi Politeknik Negeri Manado

 

“Menjadikan Politeknik Negeri Manado sebagai perguruan tinggi vokasional unggul dan berstandar Internasional”

 

Misi Politeknik Negeri Manado

  1. Meningkatkan dan memperluas akses dan layanan prima bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan bermutu;
  2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing semua program studi;
  3. Menciptakan lulusan berkualitas secara komprehensif meliputi aspek knowledge, skill dan attitude;
  4. Menciptakan dan mengembangkan manajemen institusi berdasarkan prinsip good governance secara berkelanjutan;
  5. Meningkatan kualitas hasil penelitian berbasis teknologi terapan;
  6. Membangun kemitraan yang kokoh dengan pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan amanah Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI);
  7. Membangun kolaborasi dengan pihak industri dalam menghasilkan karya produktif dan inovatif yang berdampak peningkatan kualitas hidup masyarakat;
  8. Membangun kerjasama pendidikan dan penelitian dengan institusi/ perguruan tinggi nasional dan internasional.

 

Untuk mencapai cita-cita tersebut di atas maka penjabaran misi yang diemban Politeknik Negeri Manado adalah:

  • Sistem manajerial institusi yang berkualitas, kompetitif, koperatif dan transparan dengan pola pikir think globally do locally;
  • Penyelenggaraan pendidikan tinggi yang melibatkan stakeholders, terutama masyarakat industri dan bisnis sebagai pengguna hasil didik  dalam mengevaluasi dan menyempurnakan proses pendidikan dan pelatihan;
  • Sebagai lembaga pelatihan dan pengembangan kewirausahaan (Entrepreneurship) bagi peserta didik dan masyarakat Sulawesi Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya;
  • Membentuk LSP terutama untuk mahasiswa;
  • Reorientasi dan reposisi penyelenggaraan program pendidikan sebagai program pendidikan tinggi vokasi yang berorientasi pada kompetensi kekaryaan yang bersertifikasi, dan dibutuhkan masyarakat industri dan bisnis;
  • Adanya kejelasan jenjang karir dan imbalan penghargaan yang bersifat motivasional, sesuai dengan prestasi kerja dan kompetensi kekaryaan staf;
  • Mengacu pada paradigma baru pendidikan tinggi yang berorientasi pada:  penjaminan mutu,  relevansi, akuntabilitas, dan akreditasi;
  • Lembaga pendidikan vokasi yang memperoleh hak menjalankan uji kompetensi dan sertifikasi serta lisensi berprofesi yang pengaturannya merupakan kewenangan asosiasi profesi / BNSP (Pembentukan LSP Politeknik Negeri Manado);
  • Standarisasi penyelenggaraan pendidikan menyangkut proses dan sarana prasarana sesuai aturan yang ada.

 

Tujuan 

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan luas, memiliki disiplin dan etos kerja sehingga menjadi tenaga profesional yang tangguh dan mempunyai daya saing Internasional;
  2. Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kewirausaahan, guna mendorong pengembangan pemberdayaan manusia Indonesia;
  3. Menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) profesi pada bidang  teknologi terapan berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI);
  4. Mempunyai kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah dan bersifat terapan.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian


Untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang ditargetkan tersebut berikut ini adalah sasaran dan strategi yang akan dilaksanakan Politeknik Negeri Manado, yakni meliputi:

  1. Meningkatnya Jumlah Mahasiswa dan Lulusan yang Memenuhi Kriteria Unggul
    • Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas Input;
    • Meningkatnya Kualitas Proses dan Hasil Pendidikan;
    • Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan;
  2. Meningkatnya Kemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat;
  3. Meningkatnya Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Kegiatan Tridarma;
  4. Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Pendidikan;
  5. Meningkatnya Kualitas Hasil Kegiatan Kemahasiswaan;
  6. Meningkatnya Hasil dan Manfaat Kerjasama; dan
  7. Meningkatnya kualitas proses, Sumber Daya dan Sarana Prasarana Pendidikan.

  • Hardiknas 2014 13.JPG
  • 20160808_101828.jpg
  • Jurnal Hospitaliti 2014 3.jpg
  • Hardiknas 2014 9.JPG
  • Jurnal Hospitaliti 2014 5.jpg
  • 1beth.jpg
  • Hardiknas 2014 30.JPG
  • Hardiknas 2014 31.JPG
  • Hardiknas-2014-25.JPG
  • Jurnal Hospitaliti 2014 4.jpg
  • Hardiknas 2014 24.JPG
  • Jica-2014-3.jpg
  • Hardiknas 2014 20.JPG
  • Hardiknas 2014 26.JPG
  • Hardiknas-2014-30.JPG
  • DSC_7249.JPG
  • Jurnal Hospitaliti 2014 1.jpg
  • Hardiknas 2014 16.JPG
  • Hardiknas-2014-16.JPG
  • Hardiknas 2014 2.JPG