Visitor

2.png0.png0.png1.png7.png
Today8
Yesterday234
This week1184
This month5709
Total20017

Visitor Info

  • IP: 54.90.156.100
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown

Friday, 19 December 2014 00:27
Powered by CoalaWeb

Sejarah Singkat

Politeknik Negeri Manado merupakan salah satu dari Politeknik yang dibangun oleh Pemerintah dalam rangka memperluas akses pemerataan pendidikan untuk meningkatkan percepatan pembangunan secara merata. Diresmikan oleh Presiden RI pada tanggal 19 Juli 1988 dengan nama Politeknik Engginering Universitas Sam Ratulangi Manado dan menyelenggarakan pendidikan Program Diploma II dengan 4 (empat) Jurusan yakni : Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Tata Niaga. Secara otonom, Politeknik Enggenering Universitas Sam Ratulangi Manado menjadi mandiri dalam penyelenggaraan pendidikan dan memisahkan diri dari Universitas Samratulangi Manado berdasarkan surat keputusan Mendikbud nomor : 016/O/1999 tanggal 18 Januari 1999 dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Manado. Sejak tahun 1987 sampai sekarang Politeknik Negeri Manado telah dipimpin oleh 5 orang Direktur dengan masa jabatan sebagaimana dibawah ini, yakni :

  1. DR. Ir. Ruddy Tenda (1987 – 1996)
  2. Prof. Ir. Bonnie F. Sompie, MS (1996 – 1998)
  3. Ir. Marhany V.P. Pua (1998 – 2004)
  4. Enos V. Nixon Munaiseche, SE (2004 – 2008)
  5. Ir. Jemmy Jules Rangan, MT (2008 sampai sekarang)

Sampai dengan tahun 2013, Politeknik Negeri Manado telah memiliki  ijin penyelenggaraan 18 (delapan belas) Program Studi yang terdiri dari  7 (tujuh) Prodi jenjang Diploma IV, yakni : Teknik Bangunan Gedung, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Akuntansi Keuangan,Manajemen Bisnis, Manajemen Perhotelan dan Teknik mesin Produksi dan Perawatan yang penerimaan mahasiswanya akan dilaksanakan pada tahun akademik 2013/2014  serta 11 (sebelas) Prodi jenjang Diploma III yakni : Teknik Sipil, Teknik Komputer, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Akuntansi, Akuntansi Perpajakan, Administrasi Bisnis, Marketing, Perhotelan, Pariwisata Bawah Laut dan Urusan Perjalanan Wisata.

Politeknik Negeri Manado memiliki lahan kampus seluas + 11 ha yang terdiri dari Kampus A yang berlokasi di kelurahan Buha  Kec. Mapanget, yang terbagi dari: Lahan A dengan luas 81,202 ha (Sertifikat No. 16340 tanggal 1 Agustus 2012), dan Lahan B dengan luas 16,507 ha (Sertifikat No. 411/HP/BPN-71.71/2012 tanggal 28 September 2012); serta Kampus B di desa Tateli Kabupaten Minahasa dengan luas 15.000 ha untuk penyelenggaraan prodi Ekowisata Bawah Laut, dengan status Pinjam pakai sesuai SK Gubernur Sulawesi Utara No. 94/2003.
Era Globalisasi yang sangat cepat telah mendorong Politeknik Negeri Manado unutk menciptakan sistem pelayanan yang berkualitas dan bermutu untuk menghasilkan lulusan yang berdaya guna dan berdaya saing. Komitmen ini membuahkan hasil dengan telah diterimanya sertifkat SMM ISO 9001:2008 sebagai pengakuan internasional atas pemberlakuan sistem Manajemen Mutu dalam penyelenggaraan layanan pendidikan di Politeknik Negeri Manado.

Lambang

Politeknik memiliki lambang dengan keterangan sebagai berikut :

a. Warna Hitam

Garis yang membungkus logo berbentuk segi-5 adalah lambang dasar negara Republik Indonesia yaitu Pancasila, juga untuk tulisan POLITEKNIK NEGERI dan kulit buku yang terbuka di bawah gambar pelapah buah pohon kelapa

b. Warna Putih

Warna dasar logo yang berarti Politeknik berdiri berdasarkan kesucian dan kemurnian dalam menjalankan tugas mulia di bidang pendidikan

c. Warna Biru

Nama tulisan Departemen pendidikan Nasional, ujung pena dan segitiga dalam logo yang melambangkan :

  • Pena      :    Simbol pendidikan Politeknik yang tepat waktu, tepat aturan dan tepat ukuran
  • Segitiga :    simbol dari tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

d. Warna Kuning

Warna gambar pelepah buah pohon kelapa dan buah cengkih merupakan hasil pertanian andalan Sulawesi Utara, yang melambangkan pertumbuhan dan perkembangan jurusan-jurusan yang ada di Politeknik sesuai dengan kebutuhan industri secara fleksibel

f. Warna Hijau

Warna dari daun pohon kelapa yang ada di dalam segitiga yang melambangkan lokasi dari Politeknik di bumi nyiur melambai Sulawesi Utara dan pertumbuhan mengikuti perkembangan nasional maupun internasional

e. Warna Merah

Melambangkan warna dari bendera Republik Indonesia yaitu Merah Putih yang tergambar pada pita yang membungkus tulisan Manado.

  • Ukuran segilima pembungkus logo ada dalam lingkaran yang beredar 10 cm
  • Untuk tulisan Politeknik Negeri berwarna Hitam.

 

Bendera

A. Politeknik memiliki Bendera dengan ukuran empat persegi panjang 145 cm dan lebar 100 cm, berwarna dasar biru tua dan ditengah-tengahnya terdapat lambang politeknik.

B. Bendera Jurusan berbentuk empat persegi, berukuran panjang 130 cm dan lebar 95 cm terdiri dari dua bagian yang dijahit menjadi satu yaitu :

  1. Bagian pangkal lebar 30 cm berwarna kuning dengan tulisan Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Bisnis, Jurusan     Pariwisata dan ditulis dari atas kebawah.
  2. Bagian selebihnya lebar 100 cm dengan warna dasar sesuai nama jurusan dan ditengah-tengahnya terdapat lambang Politeknik.

 

C. Warna dasar bendera jurusan adalah :

  • Jurusan Teknik Sipil berwarna Coklat Muda
  • Jurusan Teknik Elektro berwarna Biru Muda
  • Jurusan Teknik Mesin berwarna Biru Tua
  • Jurusan Akuntansi berwarna Merah Maron
  • Jurusan Administrasi Bisnis berwarna Abu-abu
  • Jurusan Pariwisata berwarna Unggu.

 

Mars Politeknik

Politeknik memiliki Mars dan Himne yang berjudul Mars Politeknik Negeri Manado dan Himne Politeknik Negeri Manado.